Bisnis Menguntungkan Ikan Gurami

Sebelum kita mulai menceritakan tentang Keuntungan Bisnis Ikan Gurami, aku akan menceritakan sedikit tentang Gurami soang sebagai daya tarik untuk anda Bila minat menggeluti Budidaya Ikan Gurame

Guram Soang atau Gurame Angsa

Gurame Angsa

Gurame Angsa

Gurami soang adalah gurami asli, gurami ini banyak di budidayakan di Indonesia terutama, yaitu di Jawa Barat. Gurami ini memiliki banyak kelebihannya dibandingkan dengan jenis gurami lainnya. Ok saya akan menceritakan beberapa keunggulan dari jenis gurami song ini sebagai berikut :

loading...
  • Merupakan Gurami Terbesar- Gurami Soang adalah merupakan jenis terbesar di antara jeni-jenis gurame lainnya. Gurame ini merupakan jenis gurame asli berasal Jawa barat dan habitatnya di air tawar.Gurame ini dapat tumbuh hingga 8k lebih.
  • Pertumbuhan Paling Cepat- Gurame soang merupakan gurame yang paling cepat pertumbuhannya di bandingkan dengan jenis gurame lainnya. dalam waktu 6 bulan dri telur, gurame ini sudah mencapai bobot kurang lebih 500gr. dan sudah dapat di konsumsi, dan paling banyak di permintaan di kalangan konsumen untuk bobot 500gr ini.
  • Induk Gurame Soang Memiliki Telur Terbanyak-  Gurame soang juga memiliki keunggulan di segi telur. Telur gurame soang dapat mencapai 5000butir/induk  bahkan ada yang lebih dari itu.
  • Tingginya Permintaan Pasar- tingginya permintaan dari konsumen banyak masyarakat Jawa Barat yang membudidayakan Ikan gurame ini. Karna gurame soang merupakan ikan Konsumsi ait tawar.
  • Memiliki kwalitas Rasa Tinggi- Ini lah yang membedakan rasa  ikan Gurame dengan ikan air tawar lainnya, yaitu memiliki kwalitas rasa yang lezat, lembut, dan gutih. Bahkan ikan ini masuk terus di restoran-restoran terkenal.
  • Harga Ikan Air Tawar Termahal- Inilah membuat daya tarik pembisnis ingin membudidayakan ikan gurame, yaitu dari segi harga. Harga gurame di pasar mencapai harga 50.000/kg. mengalahkan harga ikan air tawar lainnya, bahkan harga ikan mas juga kalah oleh ikan gurame ini. Dari sini lah para pembisnis tertarik untuk membudidayan ikan gurame ini.
  • Pakan Ikan Yang Relatif Rurah-  Satu lagi menurut saya yang membuat para pembisnis tertarik untuk membudidayakan ikan gurame ini. Yaitu pakan terbilang murah, hanya bermodalkan 30% pakan pelet 70% dedaunan. Karna ikan gurame ini merupakan ikan Hebivora atau pemakan tumbuhan, nah ini lah yang membuat kentungan besar bagi yang membudidayakan ikan gurame, karna pakan banyak di temuka di lingkungan sekitar, tidak peru mengeluarkan banyak modal.

Tingkat Pemesanan Gurame dari Segi Ukuran

Permintaan Ikan Gurame Di Pasaran

Permintaan Ikan Gurame Di Pasaran

Pemesanan Ikan gurame di tingkat pemasaran berpariasi, dari mulai telur hingga bibit indukan. Disini Ramdan akan menjelaskan sedikit pengetahuan dan pengalaman tentan permintaan dari konsumen ikan gurame dari berbagai jenis yaitu :

  1. Bibit Induk Gurame- Peminat dari Indukan gurame di pasaran paling sedikit, karna banyak petani Ikan gurami memiliki indukan bibit sendiri. Harga Indukan gurame bervariasi, kisaran harga Ratusan ribu/ ekor. Gurame memiliki keunikan sendiri. Induk gurame jika sudah memiliki pasangan tidak akan memilih pasangan lain lagi, karna gurame memiliki sipat setia pada pasangannya, itu menurut informasi petani gurame lain. Dan gurame jantan hanya boleh memiliki 1 betina, tidak seperti ika lain pada umunya yang bisa 1 jantan 3 betina.
  2. Telur Gurame- Telur gurame di parasan cukup banyak peminatnya, biasanya yang beli bibit yang masih telur adalah mereka yang baru memulai budidaya ikan gurame. harga bibit gurame bervariasi di berbagai tempat yaitu berkisar Rp.150.ooo berisi sekitar 1.500-2.000 ekor, itu pengalaman saya ketika membeli telur gurame.
  3. Gurame Ukuran Kuku- Gurame ukuran Kuku adalah bibit gurame seukuran jempol orang dewasa, nama di daerahku waktu itu. Ukuran kuku itu bibit ikan gurame yang baru menginjak umur 1 bulan. Gurame ukuran kuku itu paling banyak di cari oleh para petani budidaya ika gurame, mengapa? karna kebanyakan yang budidaya ikan gurame pemula jika membeli dari telur mereka banyak yang gagal. karna rentan terhadap penyakit, jadi mereka lebih memilih yang sudah agak kuat terhadap penyakit dan tingkat keberhasilanya pula paling banyak. Di sini aku perna ikut terjun memasarkan gurame ukuran kuku bersama pak Ahmad waktu itu. Aku membeli dari petani harga Rp400/ekor dan di jual ke kolam besar cirata dengan harga Rp.500/600, itu sampingan saya ketika lagi belajar membesarkan ikan gurame saya dengan pak Ahmad memasarkan milik petani juga.
  4. Gurame Ukuran Bungkus Rokok-ini adalah pribahasa yang di gunakan di daerahku bibit gurame sebesar ukuran bungkus rokok sebutannya. Bibit gurame ini baru menginjak umur 3 bulan, bibit ini no 2 yang paling banyak di cari oleh petani ikan Gurame, karna jiga sudah umur 3 bulan, ikan gurame cepat besar dan cepat di panen untuk di konsumsi.
  5. Gurame Konsumsi- Gurame konsumsi adalah gurame yang sudah siap di pasarkan dan sudah sudah siap konsumsi. Gurame konsumsi kisaran berbobot 500gr, untuk harga ikan gurame konsumsi adalah Rp.40.000/kg  bahkan lebih. Ikan gurame konsumsi paling banyak di cari para konsumen di pasaran. Tingkat permintaan pasar yang tinggi dan pasokan ikan yang kurang cuku[ membuat harga ikan ini sangat mahal. coba saja anda datang ke rumah makan, jika ada menu ikan gurame pasti harganya di atas 50.000/ekor. itu masih harga paling murah di restoran/ rumah makan loh.

Itulah sedikit informasi yang saya tau tentang gurame bersamaan pengalaman yang saya tau…

Beberapah hal yang akan saya tambahkan dari sumber referensi lain mengenai jenis-jenis gurame yang akan saya bahas.

Jenis-Jenis Gurame

Jenis-Jenis Gurame

Jenis-Jenis Gurame

Gurame memiliki berbagai jenis dan varietas di seluruh perairan Indonesia dan di negara lain. Diantaranya sebagai berikut:

1. Gurame soang

Gurami soang

Gurami soang

Gurami soang adalah gurami asli Jawa Barat, Gurame ini juga sebagai gurame yang terbesar, dan dapat hidup lebih lama, juga dapat menghasilkan telur terbanyak di bandingkan dengan gurame lainnya.

2. Gurame Jepun

Gurame Jepun

Gurame Jepun

Gurame jepun atau Gurame jepang ini adalah jenis gurame yang memiliki ukuran lebih kecil dari gurame soang. Ukuran gurame jepun yaitu sekitar 45 cm untuk panjangnya dengan bobot sekitar 3,5-4 kg.

3. Gurame Paris

Gurame Paris

Gurame Paris

Gurame paris ini memiliki tubuh berwarna oranye. Namun sebenarnya, gurame jenis ini memiliki warna dasar merah cerah hanya saja ada warna putih dibagian tubuhnya sehingga tampak berwarna oranye. Berat maksimal ikan gurame paris yaitu sekitar 1,5 kg.

4. Gurame Bastar

Gurame Bastar

Gurame Bastar

Gurame bastar memiliki warna abu-abu kehitaman dan berwarna putih pada bagian kepalanya. Gurame jenis ini memiliki sisik yang lebar dan memiliki pertumbuhan yang cepat.

5. Gurame Busafir

Gurame Bluesafir

Gurame Bluesafir

Jenis gurame ini memiliki warna hitam kemerahan, hampir sama dengan gurame lain yang terlihat kemerahan. Ikan gurame bluesafir dapat mencapai panjang maksimal sekitar 35 cm dan berat sekitar 4 kg.

6. Gurame Albino

Gurame Padang

Gurame Padang

Gurame Padang memiliki warna putih, Gurame ini temasuk gurame hias. gurame ini berbobot hingga 1.500gr paling besar. Demikian Penjelasan saya beserta pengalaman saya di bidang Ikan Gurame, Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *