Pelatihan Budidaya Ikan Gurami

Pelatihan ikan gurami ini lah yang akan kami bahas di artikel kali ini. Kalian pasti tau yang namanya ikan gurami, ya ikan ini merupakan ikan yang berhabitat di air tawar.

Ikan ini sangat lah populer di kalangan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di samping itu gurami ini banyak jenisnya dan ada pun jenis hias yang sering di pelihara di akuarium sebagai ikan hias.

loading...

Peminat ikan ini sagat lah banyak, sehingga di sisi pedangan sangat membutuhkan ikan ini sebagai konsumsi masyarakat. Ada satu lagi keunggulan dari ikan ini yaitu memiliki citra rasa yang sangat lezat di bandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya.

Harga ikan gurami pun di pasaran terbilang sangat stabil, dan soal harga ikan ini sagatlah mahal. Memungkinkan banyak petani ikan yang tergiur untuk membudidayakan ikan ini.

Nah kali ini saya akan membahas seputar pengalaman saya ketikan menjadi anggota Pelatihan ikan gurami.

Mengenal Ikan Gurami Sebelum Pelatihan

Ikan gurame

Ikan gurami

Sebelum kita mulai membahas ikan gurami, alangkah baiknya saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai gurami. Ikan gurami (Osphronemus gouramy Lac.) dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom     : Animalia
Filum           : Chordata
Kelas            : Pisces
Subkelas      : Actinopterygii8
Super Ordo : Perciformes
Ordo             : Labyrinthici
Sub-Ordo    : Anabantoidea
Famili          : Anabantidae
Genus          : Osphronemus
Spesies        : Osphronemus gouramy Lac.

Gurami Habitat Air Tawar

ikan Gurame Jenis Air Tawar

ikan Gurami Jenis Air Tawar

Gurami merupakan ikan asli ber habitat air tawar. Gurami banyak sekali kita jumpai di seluruh Perairan Indonesia. Gurami berasal dari AsiaTenggara dan Asia Selatan.

Gurami merupakan  sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi. Dan Indonesia  sangat banyak peminatnya, dan yang membudidayakan ikan gurami banyak, permintaan pasar pun lebih banyak.

Grafik Permintaan Ikan Gurami di Pasaran

Seiring banyaknya yang membudidayakan Ikan Gurami Maka Grafik Permintaan Ikan Gurami di Pasaran semakin tinggi, karena masyarakat tau akan rasa dari ikan gurami tersebut. Walaupun ikan gurami itu sedikit mahal di bandingkan dengan ikan tawar lainnya.

Pelatihan Ikan Gurami

Pembinaan Pelatihan Ikan Gurame

Pembinaan Pelatihan Ikan Gurame

Ketika aku masih di Pesantren dulu, aku di tawari ikut serta Pelatihan Budidaya Ikan gurami oleh Kakak umi yaituh Mang Ahmad Ramdan.

Jadi begini cerita nya, Waktu itu ada seseorang dari Dinas Budidaya Ikan Gurami datang kehalan ku, karna Katanya di daerah ku (Cipatat, Bandung barat) ada yang ternak jenis Ikan Gurami Soang. Setelah di selidiki Oleh seorang Dinas Ketemu lah sama Pak haji Guru namanya. Beliau sudah lama Ternak ikan gurame soang tapi tidak Untuk usaha besar besaran, hanya secukupnya.

Setelah itu seorang yang dari dinas Pelatihan Ikan gurami Memberikan usul untuk membuat program pelatihan budidaya ikan gurami di kampung halaman aku waktu itu.

Setelah hasil rapat bersama pak dinas, pak Haji Guru, lalu Guru aku dari pondok Pesantren Juga Ikut, agar Murid Pondok memiliki bekal ilmu untuk masa depan.

Tahap  pertama Budidaya Ikan Gurami

Telur/Larva Ikan Gurami

Telur/Larva Ikan Gurami

Pertama-tama untuk memulai Budidaya ikan Gurami adalah menyediakan Bibit ikan gurame yang masih larva(masih berbentuk telur).

Telur Gurami di simpan di sebuah jolang besar dengan air harus air sumur, tidak boleh memakai air yang lain untuk gurame yang masih kecil kata pak pelatih ikan gurami. Untuk pemula budidaya ikan gurame minimal 10.000 ekor, dan 10 ribu ekor ini di bagi menjadi 5 jolang, setiap jolang berisikan 20 ribu ekor gurami.

Setelah di jelaskan tentang tahap pertama budidaya ikan gurami. Guru kami (Akang) dari pondok membeli bibit gurame sebanyak 10 ribu dari pak Haji sang peternak ikan gurami, dan kebetulan waktu itu Pak Haji memiliki Bibit telur gurame, katanya baru 2 hari bertelur.di beli lah sebanyak 10.000 ekor.

Kemudian Guru membagikan itu bibit gurame kepada 5 orang santri yaitu:

  1. Mang Ahmad Ramdan
  2. Mang Jeko
  3. Mang Ridwan
  4. Aku ( Ramdan Tri Cahya)
  5. Akang (Guru kami dari pondok)

Kata sang Guru, Rawatlah dengan sebaik mungkin agar hasilnya pun baik pula,Ujar sang guru.

Tahap  Kedua Budidaya Ikan Gurami

Kolam Terpal Ikan

Kolam Terpal Ikan

Tahap selanjutnya yaitu tahap kedua budidaya ikan gurami adalah membuat kolam terpal. Sembari menunggu larva ikan gurami selama 1 minggu kami membuat persiapan bikin kolam terpal.

Tahap Ketiga Bahan yang di Perlukan Untuk Kolam Terpal

Kolam Terpal

Kolam Terpal

  • Terpal dengan ukuran 3m x 3m.
  • Bambu Bulat yang besar sebanyak 8 biji dengan panjang 2 m, ini sebagai penyangga tiap sudut.
  • Bambu yang sudah di potong potong seperti reng. sebanyak 20 biji dengan panjang 3 meter.
  • paku, kawat, tali.

Tahap Ketiga Pembuatan kolam terpal harus di tempat yang panas terbuka, karna ikan gurami akan cepat besar jika terkena matahari full.

Setelah di jelaskan Bahan yang di perlukan kami seluruh santri pergi menggambi bambu untuk bahan kolam terpal.

Setelah kolam terpal jadi dan bibit larva gurami siap tebar maka langsung tebar saja di kolam terpal, penebaran ikan larva di kolam terpal harus sore hari. Mengapa, supaya keadan air di terpal agak hangat dan cuaca sudah sore itu paling baik.

Perawatan Ikan Gurami yang Baru Tebar

Perawatan ikan gurami yang baru tebar itu sangat lah berhati-hati agar hasinya baik dan banyak.Beberapa perawatan ikan gurami yang baru tebar adalah:

1. Makanan ikan Gurami kecil

  • Memberi makan anak ikan gurami kecil dengan cacing sutra. pakan untuk 2000 ekor ikan gurami 1 liter cacing sutra selama 1 minggu.
  • Cacing Sutra

  • Setelah tahu makanan ikan gurame yang masih kecil,lalu aku dan teman-teman satu kobong setiap minggu pergi mencari cacing sutra.

2. Membersikan Kolam Terpal

Perawatan Ikan Gurami yang Baru Tebar selanjutnya adalah membersihkan kolam terpal. Kolam terpal di kuras ganti airnya 2 minggu sekali, untuk menghilangkan hama dan lumut yang terdapat di kolam terpal gurami kecil.

Setelah satu bulan pertama di kola tepal yang baru tebar ikan gurami sudah sebesar kuku. Dan sudah bisa di jual ke Kolam besar sebagai petani penampung ikan pembesaran.

Gambar ikan Gurami ukuran kuku

Setelah Berumur 1 bulan dikolam terpal maka ikan gurami sudah bisa di jual sebagai ikan gurami ukuran kuku dengan harga pasaran 400-600 rupiah/ekor. dan sudah bisa di tebar di kolang yang besar sepeti kolam ikan biasanya. ini bertujun supaya ikan gurami cepat besar.

Gurami

Gurami

 

Tahap Ke Empat  Budidaya Ikan Gurami

Penebaran Ikan Gurami

Penebaran Ikan Gurami

Tahap selanjutnya yaitu tahap ke empat penebaran ikan gurami.  Setelah ikan di kolam terpal paling maksimal 3 bulan lamanya, Harus di pindahkan ke kolam tanah yang lebih besar.

Setelah 3 bulan ikan gurami paling cepat pertumbuhannya sebesar bungkus roko. dengan harga pasaran 2500/ekor.

Pembesaran Ikan gurami di Kolam Tanah

Setelah ikan gurami di pindahkan dari kolam terpal ke kolam tanah ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu:

  • Pemberian pakan rutin dengan pelet yang lemes, atau paling lembut. karna mulut ikananak gurami sangat kecil.
  • Pakan ikan kecil

    Pakan ikan kecil

  • Perawata kolam harus teratur, air harus selalu mengalir sehingga sirkulasi air terus mengalir, dan lumpur tidak menampug di dasar kolam. juga membuat ikan gurami cepat besar.

Oh ia gan saya lupa menjelaskan ikan yang aku budidayakan adalah jenis ikan gurami soang( gurami asli sunda).

 

Jenis Gurami Soang/ Gurami asli sunda

Jenis Gurami Soang/ Gurami asli sunda

Ini gurami asli dari daerahku sendiri loh. Untuk cerita selanjutkan Aku akan menceritakan Jenis-Jenis Ikan Gurami dan Penjualan Ikan Gurami.

Sekian terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *