Burung Jalak dan Cara Merawat Burung Jalak

Burung jalak dan cara merawat perawatannya  ini yang akan bahas pada artikel saya. Kita pasti tau yang namanya burung, yaitu hewan unggas yang hidup di seluruh Benua. Burung memiliki banyak jenis dan ciri khas masing-masing setiap Negara.

Indonesia memiliki berbagai jenis dan ras burung, di samping itu peminat dan peng hobi burung ini sangat lah tinggi. Sebagian orang banyak yang memilih menjadi peternak burung jenis kicau maupun jenis burung hias.

loading...

DI Indonesia yang hobi memelihara burung kicau sangat lah tinggi peminatnya. Mereka sering sekali mengadakan kontes kicau burung, supaya harga jual burung meningkat. Seperti burung , yang akan saya bahas di artikel ini.

1. Burung Jalak

Burung Jalak

Burung Jalak

Burung ini merupakan jenis unggas yang memiliki suara kicau an merdu. Selain dari suara, hewan ini memiliki posture tubuh yang gagah, dengan paruh tajam, dan kuat. Memiliki kaki yang panjang sebanding dengan posture tubuh.

Memiliki suara ribut, berceloteh keras, dan suka meniru suara burung lain. Suka membuat sarang di lubang-lubang pepohonan. Burung ini memiliki berbagai jenis dan ras di setiap negara. Dan Indonesia memiliki lebih dari 6 jenis jalak, dan yang paling terkenal karena suaranya adalah jalak suren.

Dilihat dari segi ekonomis nya, burung ini memiliki harga yang terbilang sangat tinggi. Itu juga kalau sudah memenangkan kontes suara, dan memiliki sertifikat perlombaan. Burung ini akan naik harga jual nya seiring dengan kualitas suara kicau nya.

2. Cara Merawat Burung Jalak Supaya Gacor

Cara Merawat Burung

Cara Merawat Burung

Dari sekian banyak jenis burung jalak, yang sering kita pelihara dan di pertandingkan adalah jenis jalak suren. Bagaimanakah cara perawatanya, kini saya akan membahas cara perawatan burung jalak suren ini.

Karena pada umumnya perawatan jalak suren dengan jenis jalak lainya terbilang hampir sama. Hanya saja biasanya para peng hobi suka mencari cara tersendiri, agar peliharaan mereka tetap gacor dan selalu berprestasi ketika di arena kontes. Inilah langkah-langkah perawatan burung jalak suren.

1. Menjinakan Burung Jarak Suren

Kita pasti tau kalau burung ini mudah di dapatkan dan di temui. Akan tetapi jika sudah terdapat pada sangkar, burung ini mudah sekali  stress. Karena dia tidak terbiasa berada dalam sangkar.

Karena itu langkah pertama adalah menjinakan terlebih dahulu. Nah jika burung jalak nya sudah jinak, maka perawatan kedepannya akan mudah.

2. Langkah Selanjutnya Memandikan Burung

Memandikan Burung

Memandikan Burung

Jika burung sudah jinak, maka lagkah selanjutnya memandikan burung ini secara rutin. Agar terhindar dari penyakit, karena mudah sekali terkena penyakit jika tidak di mandikan.

Cara memandikannya dengan di semprot menggunakan semprotan. Untuk waktu memandikannya di lakukan di pagi hari sekitar jam 8 lalu jemur burungnya.

3. Membersihkan Kandang Burung

Membersihkan Sangkar Burung

Membersihkan Sangkar Burung

Lakukan lah pembersihan pada sangkar kandang burung dengan rutin setiap hari, agar kesehatan burung tetap terjaga. Dan juga ukuran kandang harus di perhatikan, gunakan ukuran kandang yang agak besar.

4. Memberikan Makanan Pada Burung

Memberi Makan Burung

Memberi Makan Burung

Berikan makanan yang berkualitas, jangan asal memberi makan. Agar burung jalak suren sehat dan cepat gacor, dan suara nya merdu. Untuk makanan yang di perlukan untuk jalak adalah sayuran dan buah-buahan.

Dan bahan makanan yang lain agar lebih cepat gacor dan memiliki suara merdu. Berikanlah jangkrik, ulat hongkong, cacing dan kroto. Ini makanan yang wajib bagi burung agar kualitas suara kicauanya merdu dan gacor.

5. Berikan Krodongoang

Krodong

Krodong

Langkah selanjutnya, berikan lah pengkrodongan pada sangkar burung jalak pada malam hari saja. Bertujuan memaksimalkan kondisi burung menjadi master burung jalak.

Baca juga artikel kami lainnya di Ramdantri.com

Lakukan lah langkah-langkah ini secara rutin, maka hasinya pun akan sangat memuaskan. Untuk menjadikan burung jalak suren menjadi masteran, bawalah ke arena kontes supaya cepat gacor.

Hal lain yang harus di perhatikan adalah, jika burung sedang stress jauhkan dari hewan lain terlebih dahulu. Seperti kucing, atau pun jenis burung lagi, biarkan dia sendirian terlebih dahulu.

3. Jenis-Jenis Burung Jalak

Cara Merawat Burung Jalak

Cara Merawat Burung Jalak

1. Jalak Suren

Jalak Suren

Jalak Suren

Jalak suren adalah salah satu jenis burung yang sangat populer di kalangan penghobi burung. Di pulau jawa banyak sekali yang ternak burung ini, karena dari segi harga terbilang tinggi dan sering di kontes kan.

2. Jalak Kerbau

Jalak Kerbau

Jalak Kerbau

Jalak kerbau atau di kenal juga dengan sebutan jalak kebo. Mengapa di namakan jalak kerbau, karena dia sering hinggap di pundak kerbau untuk memakan kutu kerbau. maka di sebutlah demikian. Jenis ini sangat populer di kalangan kicau mania.

3. Jalak Nias

Jalak Nias

Jalak Nias

Jalak Nias atau sering di sebut juga dengan kerak ungu ini bukan berasal dari Nias Sumatra Utara. akan tetapi wilayah penyebarannya sangat banyak, diantaranya di kawasan Asia, Afrika dan Amerika.

Burung ini memiliki potensi kicau an yang bervariasi dan sangat luar biasa. memiliki warna dengan coklat kehitaman, dan kepala hitam di sekitar mata ada bercak kuning.

4. Jalak Putih atau Jalak Bodas

Jalak Putih

Jalak Putih

Jalak putih atau sering di sebut juga dengan nama jalak bodas yan sering di kenal di Sunda. Jenis ini sangat di lindungi oleh pemerintah karena keberadaan nya yang langka.

Burung ini memiliki ciri khas berwarna putih. Burung ini merupakan endemik asli Indonesia, yang dapat di jumpai di Jawa, Bali, dan Madura.

5. Jalak Sutra

Jalak Sutra

Jalak Putih

Jalak sutra merupakan jenis jalak yang memiliki ciri hampir sama dengan jalak putih. Dari segi tampilan warna nya putih ke abu-abu an. Burung ini habitatnya tidak menetap, karena sering melakukan imigrasi dari kawasan Cina kaki gunung Himalaya dan Serbia menuju Indonesia.

4. Cara Merawat Anakan Burung Jalak 

Anak Burung Jalak

Anak Burung Jalak

Jika anda menemukan atau membeli anak burung Jalak, ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Agar burung jalak ini sehat dan menjadi  masteran ketika dewasanya nanti. Perawatan untuk yang masih anak ini sangatlah membutuhkan ketelatenan dan eksta perawatan.

Dalam perewatan burung yang masih kecil sangat membutuhkan kestabilan suhu ruangan. Maka saya sarankan untuk memakain bohlam pada sangkar, agar suhu hangat tetap terjaga.

Pemberin pakan harus hati-hati, cara memberi makan anak burung jalak gunakan teknik lolohan. Pakai pakan kroto yang sudah di cuci bersih supaya cepat pertumbuhannya dan selalu sehat. Pemberian Kroto dilakukan 1-2 jam sekali, ketika masih kecil.

Ketika usia burung menginjak 1 bulan, maka perawatan sudah mulai gampang. Tapi di sini lah hal yang harus  kita gencarkan memutar audio suara kicau jalak master. Agar anak jalak ini selalu mendengarkan terus-menerus.

Tahap di sini lah sang anak burung akan terus-menerus mendengarkan kan akan meniru suara dari  audio tersebut. Juga faktor makanan harus di perhatikan, kebersihan kandang harus selalu bersih. Agar terhindar dari penyakit. Mandikan tiap pagi, lalu jemur.

Baca juga : Jenis-Jenis Burung Kicau Asli Indonesia

Demikian lah tata cara merawat burung jalak dan berbagai jenis jalak yang saya ketahui, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. September 16, 2019

    […] Baca juga artikel kami yang lain: Burung Jalak dan Cara Merawat Burung Jalak […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *