Cara Merawat Anggrek dan 7 Faktor Keberhasilan Anggrek

Kali ini saya akan membahas tentang cara merawat anggrek. Di samping itu saya juga akan menjelaskan beberapa faktor penunjang keberhasilan anggrek agar cepat berbunga.

Indonesia tanaman ini sangatlah populer sebagai tanaman hias yang sangat indah  dan menawan. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa tanaman anggrek ini memiliki harga ekonomis yang tinggi di bandingkan dengan tanaman hias lainnya.

loading...

Bahwa teman saya yang sedang kuliah di Universitas UNPAD mampu menjual 1 tanaman anggrek dengan harga jual 5.000.000/tanaman. Itu juga jenis yang langka, kalau yang bisa-biasa saja seperti anggrek bulan itu sekitar 150.000 ribuan.

Lalu mengapa teman saya mampu menjaul dengan harga sekian. Sedikit informasi dari dia(teman saya) bahwa perbanyakan tanaman anggrek langka ini tidak lah sembaranagan.

Dibutuhkan skill, kemampuan dan ketekunan yang mampuni, di samping itu juga memerlukan sebuah Leb Kultur Jaringan.

Mengapa tanaman ini untuk perbanyakan memerlukan Leb Kultur Jaringan. Dan juga kalian harus tau karakteristik  sifat tanaman ini.  Nah nanti saya akan bahas di artikel ini, maka dari itu simak baik-baik.

Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga

Cara Merawat Anggrek

Cara Merawat Anggrek

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui ketika merawat tanaman anggrek. Tanaman ini tidak lah segampang yang anda kira pada perawatan nya, di karena kan terkadang perawatan sudah sesuai akan tetapi tidak muncul bunga.

Nah dari sini lah saya akan membahas tatacara perawatan tanaman anggrek supaya cepat berbunga.

Cahaya Matahari Sangat Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan

Intensitas Cahaya Sangat Penting Bagi Anggrek

Intensitas Cahaya Sangat Penting Bagi Anggrek

Inilah Cara merawat bunga anggrek agar dapat cepat berbunga yang pertama adalah kalian harus memperhatikan cahaya matahari.

Mengapa sangat penting? Karena memang cahaya matahari sangat berpengaruh dalam proses fotosintesis dan juga dengan cahaya matahari maka dapat membantu tanaman anggrek kalian agar bisa cepat tumbuh dan berbunga.

Cahaya matahari ini digunakan untuk sumber energi bagi tanaman anggrek kalian. Sehingga kemudian akan dapat berguna bagi seluruh bagian tanaman anggrek anda seperti misalnya daun, bunga, dan juga biji.

Dan juga, dengan adanya bantuan sinar matahari maka kemudian akan bisa memperbaiki bagian tanaman yang rusak dan juga bisa digunakan sebagai cadangan makanan.

Perlu kalian ketahui bahwa intensitas dan juga jumlah cahaya yang dibutuhkan akan relatif berbeda antara tanaman anggrek yang satu dengan tanaman anggrek lainnya.

Ketinggian Tempat Sangat Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan

Menentukan Jenis Anggrek Sesuai Iklim

Menentukan Jenis Anggrek Sesuai Iklim

Ketinggian tempat sangatlah berpotensi berpenaruh terhadap pertumbuhan tanaman anggrek. Cara merawat tanaman anggrek agar cepat berbunga yang kedua adalah yaitu memperhatikan ketinggian tempat.

Secara karakteristik, tanaman anggrek mampu cepat tumbuh pada daerah yang memiliki iklim tropis dan juga ketinggian tempat untuk menanam anggrek pun dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu diantaranya:

1. Tanaman anggrek ini yang identik tumbuh pada dataran tinggi. Yaitu dengan suhu antara 18 sampai 21 derajat celcius pada siang hari. Sementara untuk malam hari suhunya harus mencapai 13 sampai dengan 18 derajat celcius.

Adapun jenis anggrek lain yang biasanya tumbuh di daerah tersebut yaitu seperti Cymbidium, Paphiopedilum,dan juga Miltonia.

2. Kemudian anggrek yang tumbuh pada daerah sedang dengan mempuyai ketinggian yaitu antara 501 sampai dengan 1000 di atas permukaan laut.Sementara untuk suhunya adalah ketika pada siang hari maka suhu dapat mencapai 19 sampai dengan 32 ° C .

Adapun juga di siang hari suhu tersebut mampu mencapai 19 sampai dengan 21° C. Adapun jenis tanaman ini yang mampu beradaptasi di suhu di atas adalah Onchidium, Phalaenopsis, Cattleya, dan juga Dendrobium.

3. Untuk tanaman anggrek selanjutnya adalah tanaman anggrek yang mampu tumbuh pada dataran rendah dengan mempunyai ketinggian kurang lebih 500 m di atas permukaan laut.

Yang mana memiliki suhu pada siang hari sebesar 34 – 38°C. Jenis ini sanagt cocok untuk dapat tumbuh di sini adalah seperti Arachnis, Renanthera, dan Vanda.

7 Faktor Penunjang Keberhasilan Pertumbuhan Tanaman Anggrek dan Berbunga

Faktor Keberhasialan Perawatan Anggrek

Faktor Keberhasialan Perawatan Anggrek

Ada beberapa cara atau tahapan agar faktor keberhasilan pertumbuhan tanaman anggrek tercapai. Disamping pertumbuhan, juga dapat Berbunga lebat. Yaitu Sebagai Berikut:

1. Menyediakan Tempat yang Baik

Green House

Green House

Langkah pertama adalah dengan memilih rumah lindung yang cocok(seperti Green House). Perlu kalian ketahui bahwa anggrek harus ditaruh di dalam rumah yang memiliki intensitas cahaya antara 50 sampai dengan 70 %.

Maka dari itu saya sarankan buatlah Green House. Atau juga anda bisa menggunakan paranet agar intensitas cahaya dapat teratur.

2. Penataan/Penyusunan Tanaman

Penyusunan Tanaman

Penyusunan Tanaman

Langkah kedua adalah kalian harus memperhatikan bagaimana penyusunan anggrek. Supaya anggrek dapat berbunga dengan cepat, maka kalian juga harus mengerti tentang bagaimana penyusunan tanaman ini.

Kami sarankan agar sebaiknya penyusunan menggunakan rak-rak. Lalu anggrek dapat ditaruh secara datar dengan ketinggian kurang lebih 1 m. Dan kami sarankan kepada kalian jangan menyusun berjenjang. Mengapa? sebab dikhawatirkan akan mengganggu sirkulasi udara.

3. Memperhatikan Kelembaban Udara

Memperhatikan Kelembaban Udara

Memperhatikan Kelembaban Udara

Langkah ketiga adalah kalian harus memperhatikan kelembaban udara. Supaya nantinya anggrek dapat tumbuh dengan cepat dan berbunga. Maka dari itu kelembaban udaranya harus antara 60 – 80%.

Lalu untuk mejaga kelembaban supaya tetap terjaga, maka kami sarankan kepada kalian. Untuk dibawah rak bisa bisa kalian buatkan kolam atau bisa juga dengan membuat kabut didalam Green House dengan cara menerapkan pemasangan sprinkle.

4. Menentukan Media Tanam

Menentukan Media Tanam

Menentukan Media Tanam

Selanjutnya ialah media tanam juga termasuk ke dalam faktor yang dapat menentukan cepat tidaknya anggrek akan berbunga.

Media tanam yang cocok untuk membuat anggrek cepat berbunga adalah harus tersusun 2 bagian. 1/3 bagian bawah harus di isi dengan potongan batu bata dan juga 2/3 sisanya kalian isi menggunakan pake pakis.

Konstruksi media pot juga dapat berpengaruh besar terhadap tanaman hias anggrek supaya rajin berbunga.

Adapun pot yang paling baik untuk kalian gunakan adalah pot yang terbuat dari bahan dasar tanah liat dan juga memiliki banyak lubang.

5. Penyiraman Tanaman

Menyiram Anggrek

Menyiram Anggrek

Jika ingin anggrek anda rajin berbunga, maka kalian sangat perlu memperhatikan kandungan air pada media yang digunakan. Jika pada waktu itu cuacanya sedang sangat panas, maka kalian harus melakukan penyiraman sebanyak 2 kali.

Jika cuacanya sedang hujan, maka kalian tidak harus melalukan penyiraman. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kadar air media. Waktu penyiraman yang pas adalah sekitar jam 07 – 09 pagi dan juga jam 03 – 05 sore.

6. Pemupukan Tanaman

Pemupukan Tanaman

Pemupukan Tanaman

Perawatan selanjutnya ialah pemupukan. Pemupukan juga harus kalian perhatikan supaya anggrek rajin berbunga yaitu dengan memberikan pupuk yang memiliki kandungan unsur hara P yang tinggi. Pemupukan dapat kalian lakukan melalui penyemprotan maupun juga penyiraman dengan memakai pupuk slow rilis yang nantinya akan ditaburkan pada media tanam anggrek.

Untuk membuat anggrek kalian agar rajin berbunga. Maka dibutuhkan pemberian ZPT atau yang juga disebut dengan hormon. Hal lain yang dapat kalian gunakan adalah dengan air kelapa dengan konsentrasi sebesar 15 % (150 ml air kelapa dibuat larutan semprot 1 liter)

7. Pengendalian Hama Dan Penyakit

Dan yang terakhir adalah memperhatikan Pengendalian hama dan penyakit. Pengendalian hama dan penyakit merupakan salah satu cara merawat bunga anggrek supaya rajin berbunga.

Seperti halnya tanaman hias lainnya, anggrek juga sering terkena serangan hama dan penyakit. Maka dari itu untuk membuat anggrek rajin berbunga, maka anggrek harus dibersihkan dari kotoran, gulma ,maupun juga dedaunan yang busuk.

Atau menggunakan insektisida yang menjadi alternatif lainnya bila terserang hama. kalian juga dapat menggunakan fungisida bila tanaman anggrek kalian terserang jamur dan bakterisida.

***

Baca juga: Manfaat Jus Alpukat Bagi Kesehatan

Merawat anggrek merupakan hal penunjang keberhasilan ketika kita memiliki tanaman ini. Cara merawat anggrek pun sebetulnya terbilang simpel, tapi kalian harus mengetahui cara-caranya. Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Agustus 18, 2019

    […] Baca juga Cara Merawat Anggrek dan 7 Faktor Keberhasilan Anggrek […]

  2. September 24, 2019

    […] Baca Juga: Cara Merawat Anggrek dan 7 Faktor Keberhasilan Anggrek […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *