Jenis Olahan Singkong

Kali ini saya akan membahas seputar Jenis Olahan Singkong. Singkong memang banyak di temukan setiap daerah di Indonesia. Harganya pun relatif terjangkau dam terbilang murah. Maka dari itu saya akan membahas seputar olahan singkong ini.

Halo teman-teman kita kembali lagi dengan saya Ramdan Tri Cahya. kini aku akan membagi sedikit cerita tentang aku ketika sudah lulus sekolah yang mencoba menjadi seorang wirausaha di bidang makanan cemilan yaitu Singkong Krispi.

loading...

Usaha Singkong

Singkong

Singkong

Ketika itu aku berada di sebuah Pesantren di Daerahku sendiri, aku sedang duduk terdiam yang sedang memikirkan sesuatu. Di kala itu aku terpikirkan sebuah ide bisnis yaitu bisnis usaha singkong.

Mengapa saya ambil ide ini, karna dari segi bahan baku banyak dan dekat, ini sebuah keuntungan bagi pengusaha.Daerahku banyak petani yang menanam singkong, dan juga dari segi harga singkong murah. Setelah di pikirkan lalu aku melihat peluangnya bagaimana, dan ternyata daya saing sediki peminat banyak.

Di sini lah aku ambil usaha singkong.

Tapi dalam hati bagaiman mau usaha sedangkan aku tak kerja dan tek memiliki modal, kemudian hal itu menjadi sebuah hayalan bagiku. Tak segaja beberapa hari yang lalu ketika aku sedang nonton TV ada seorang anak muda sudah menjadi wirausaha muda. Lalu aku cermati berita tersebut, lalu di berkata” aku usaha dengan modal Nol” ujar sang wirausaha tersebut. lalu nsang reporter bertanya pada sang wirausaha tersebut. lantas darimanakah anda tanpamodal usaha anda maju. jawab dia” saya usaha dengan bermodalkan skill” . Dari sana aku sangat terinspirasi sekali, lalu aku niatkan ingin usaha singkong merintis dari  Nol. Soal modal saya minjam ke kakak saya yang kedua.

Singkong Krispi Jajanan Murah Bergizi

Singkong Krispi

Singkong Krispi

Setelah menentukan usaha apa yang akan aku garap, lalu aku mencoba membuat singkong variasi baru. aku belajar otodidak tanpa berguru terlebih dahulu. Aku ngulik singkong 2 bulan lamanya, dan alhasil terciptalah singkong krispi, yaitu olahan singkong menyerupai stik tapi agak besar ukurannya.

Awal Produksi Singkong Krispi

Awal Produksi Singkong

Awal Produksi Singkong

Awal mula aku produksi singkong krispi di kobong perantren bersama teman-teman satu kobong. Ber awal dari modal dari sang Kakak, hanya untuk membeli bahan baku dan bumbu saja, soal peralatan dulu aku menggunakan seadanya saja.

 

Awal produksi itu begitu rumit, karna aku ini otodidak. Pengen kejual itu membutuhkan waktu 1 minggu karna pengolahan yang sangat rumit, yaitu:

  1. Singkong di potong terlebih dahulu.
  2. Kemudian di potong-potong kecil.
  3. Kemudian  harus di kukuk telebih dahulu
  4. Kemudian setelah di kukus di tiriskan sebentar,
  5. Dan di jemur 2-3 hari, tergantung cuaca, jika cuacanya panas maka 2 hari juga cukup, akan tetapi ketika sering mendung membutuhkan kurang lebih 3 hari.
  6. Setelah di jemur lalu kering, kemudian di goreng.
  7. Cara penggorengannya pun aku 2 kali menggoreng.
  8. Tahap selanjutnya di tiriskan sambil di taburi bumbu.
  9. Dan tahap akhir packing.

Dokumentasi Singkong Krispy Ketika Produksi

 

Macam-Macam Makanan Olahan Dari Singkong, Cemilan Murah Tapi Bergizi

Macam-Macam Olahan Singkong

Macam-Macam Olahan Singkong

 

Singkong Makanan Pokok – Singkong  merupakan salah satu makanan pokok ke 3 setelah nasi dan roti. Di Indonesia banyak yang menananm singkong , baik untuk konsumsi sendiri atau pun untuk di jual dan di ekspor, karna merupakan bahan pokok pembuatan terigu.

Dengan harga yang terjangkau dan murah singkong banyak sekali olahannya, bahkan sebagian besar singkong masuk rumah makan dan restoran karna hasil olahannya yang banyak jenisnya.

Kandungan Singkong

Kandungan Singkong

Kandungan Singkong

Singkong merupakan jenis umbi-umbian yang mengandung kandungan karbohidrat. Selain sebagai cemilan singkong memiliki kandungan Nutrisi yang baik untuk tubuh.

 

Dalam 100 Gram singkong , ada 112 kalori yang 98 persennya berasal dari karbohidrat dan sisanya berasal dari protein serta lemak. Dalam takaran yang sama, singkong juga ada kandungan serat dan beberapa vitamin serta mineral.

 

Manfaat Singkong

Manfaat Singkong

Manfaat Singkong

Singkong sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Beberapa hal manfaat singkong yang akan Ramdan jelaskan.

  • Merupakan zat besi, sehingga tubuh kita menerima kekuatan pada otot dan fisik kita dari mmanfaat singkong.
  • Singkong mengandung serat pangan dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah sembelit. Serat juga membantu Anda menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama.
  • Singkong mengandung vitamin C, vitamin E, dan folat yang berlimpah dan memberikan banyak manfaat. Kandungan tersebut memberikan manfaat singkong yaitu melindungi dari kanker usus besar dan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan. Selain itu, vitamin C juga melindungi Anda dari penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.

Dan lebih banyak lagi tentang manfaat singkong yang masih belum terungkap.

Berikut ini Ramdan Tri Cahya akan menjelaskan sedikit tentang olahan yang terbuat dari singkong.

Kripik Singkong

Kripik Singkong

Kripik Singkong

 

Ini dia Kripik Singkong  makanan cemilan mulai dari anak-anak hingga dewasa pasti sudah tau tentang makanan ini. Makanan murah meriah dan soal rasa jangan di tanya, aku dari dulu selalu jajan ini gan, dari waktu masih SD hingga sekarang masih di minati.

Varian Rasa Kripik Singkong

Varian Rasa Kripik

Varian Rasa Kripik

Keripik singkong memiliki banyak Varian rasa dan juga ada keripik singkong kering, ada yang basah. Dari dulu aku paling suka rasa Pedas balado. dan inilah sebagian dari Varian rasa singkong yang aku ketahui.

Singkong Krispi Original -biasanya hanya berbahan dasar rasa asin dan gurih. Untuk peminatnya lumayan banyak.

Kripik Singkong Balado Kering –ini lumayan banyak peminatnya dibandingkan dengan yang rasa original. Keripik singkong balado kering memiliki ciri rasa yang khas aroma yang membuat kita ngiler loh.

Kripik Singkong Balado Basah no 2 paling banyak peminatnya, karna memiliki ciri khas, tekstur menarik dan soal rasa jangan di tanya gan, aku juga paling suka kalau yang ini mah.

Kripik Singkong Bumbu Daun Jeruk Inilah makanan cemilan singkong kripik yang paling banyak di minati dan paling banyak di cari oleh kalangan anak dan anak remaja. Karna dari segi tampilan, tekstur, soal rasa mah jangan di tanya, mantap sekali kalo rasa yang ini tuh.

Di Indonesia sangatlah banyak olahan yang menggunakan bahan dasar singkong. Mulai dari jenis Kripik, Gorengan, Bahkan kue pun ada yang menggnakan bahan singkong. Dan ini lah jenis-jenis olahan yang menggunakan bahan dasar singkong, sebagai berikut:

  • Kripik Singkong
  • Singkong Stik
  • Singkong Krispi
  • Opak
  • Gegetuk
  • Peuyeum
  • Dan lain-lain

Bahkan setiap makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong ini memiliki berbagai macam manfaat dan Khasiat masing-masing. Sebetulnya masih banyak lagi jenis olahan ini yang terbuat dari Singkong.

 

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Agustus 22, 2019

    […] peuyeum Bandung ini asal mulanya ketika zaman dulu orang-orang memanfaatkan singkong yang banyak tumbuh di daerah tanah […]

  2. Agustus 22, 2019

    […] peuyeum Bandung ini asal mulanya ketika zaman dulu orang-orang memanfaatkan singkong yang banyak tumbuh di daerah tanah […]

  3. Agustus 23, 2019

    […] Baca juga: Jenis Olahan Singkong  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *