Manfaat Jus Alpukat Bagi Kesehatan

Jus alpukat sangat lah di gemari di kalangan masyarakat Indonesia. Apalagi jus ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, karena memiliki berbagai kadungan. Siapa sih yang engga tau namanya buah alpukat ini, ya kalian pasti tau.

Buah ini sering di jadikan Jus, karena rasanya yang enak, legit, menyegarkan dan juga memiliki segudang manfaat. Kebanyakan orang orang mengira buah ini hanya sebagai jus saja. Akan tetapi di dunia kesehatan buah ini memiliki berbagai macam kesehatan.

loading...

Nah kali ini saya akan membahas seputar buah alpukat dan beberapa manfaat dari buah tersebut bagi kesehatan, maka dari itu simak baik-baik.

Manfaat Jus Alpukat

Mafaat Alpukat

Mafaat Alpukat

 

Buah ini selain lezat dan mengenyangkan, memiliki banyak manfaat jus alpukat yang bisa kalian dapatkan sebagai kesehatan tubuh kalian, di antaranya:

1. Manfaat Pertama Memiliki Kandungan Serat Yang Tinggi

Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya

Manfaat yang pertama adalah bisa mencukupi asupan serat. Pakar kesehatan yang berasal dari Departemen Internal Medicine dan Ilmu Program Gizi yang berada di Universitas Kentucky, Amerika Serikat.

Menyatakann jika alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Jika mengonsumsi jus alpukat secara teratur, maka kalian akan mendapatkan asupan serat yang bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya layaknya stroke, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, hingga serangan jantung.

Kandungan serat dalam alpukat bahkan diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

2. Manfaat Kedua Mampu Menjadi Bahan Detoks Alami

Manfaat yang kedua ternyata mampu dijadikan sebagai bahan detoks alami yang tentu dapat membantu tubuh dalam membuang berbagai racun.

jika kalian rutin mengkonsumsi jus alpukat ini, maka tubuh pun dapat lebih fit, lebih bugar, dan lebih sehat.

3. Manfaat Ketiga Dapat Menurunkan Stres

Dapat Menurunkan Stres

Dapat Menurunkan Stres

Manfaat selanjutnya buah alpukat bisa membantu mencegah kelebihan kadar homosistein dalam tubuh. Dikarena alpukat kaya akan kandungan folat.

Menurut para pakar kesehatan, terlalu banyak homosistein dapat membuat gangguan produksi hormon layaknya serotonin, dopamine, dan juga neropinephrine yang tentu.

Lalu bisa memicu munculnya berbagai gangguan kesehatan. Selain itu, banyaknya hormon homosistein ini dapat membuat kalian lebih mudah terkena stress.

Mengapa? Karena alasan inilah konsumsi jus alpukat mampu mencegah kita terkena stres dan dapat membuat pikiran kalian menjadi lebih tenang.

4. manfaat Ke Empat Mampu Meningkatkan Sistem Pencernaan

Mampu Meningkatkan Sistem Pencernaan

Mampu Meningkatkan Sistem Pencernaan

Jika kalian mengalami sembelit, maka disarankan minumlah jus alpukak. Mengapa? karena manfaat buah alpukat mampu melancarkan pencernaan.

Adanya kandungan serat dalam jus alpukat juga bisa membuat sistem pencernaan dan sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Maka Kalian akan terbebas dari berbagai masalah pencernaan layaknya sembelit atau bahkan kanker usus besar.

5. Manfaat Kelima Dapat Menyehatkan Mata

Dapat Menyehatkan Mata

Dapat Menyehatkan Mata

Manfaat jus alpukat tidak hanya membantu menyerap antioksidan, jus ini juga memiliki antioksidan yang kuat.

Yang dapat membantu untuk menetralkan radikal bebas dan penting dapat meningkatkan, astigmatisme, glaukoma.

6. Manfaat Ke Enam Tekanan darah

Buah alpukat kandungan potasium dan folat yang tinggi dapat membantu mengatur tekanan darah dengan membantu tubuh menghilangkan natrium melalui urine.

Manfaat jus alpukat ini mampu membantu melindungi tubuh terhadap penyakit peredaran darah, masalah jantung, dan stroke.

7. Mampu Mencegah Kanker Prostat

Meskipun ada bukti yang kecil bahwa alpukat ini mungkin bermanfaat dalam mencegah kanker.

Satu penelitian mampu menunjukkan bahwa manfaat jus alpukat bisa membantu mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit manusia. Ekstrak alpukat juga telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Beberapa penelitian pada sel-sel yang terisolasi telah menunjukkan bahwa nutrisi jus alpukat mungkin memiliki manfaat untuk mencegah kanker prostat, lalu menurunkan efek samping kemoterapi.

8. Dapat Membantu Aktifitas Otot dan Saraf

Membantu Aktifitas Otot dan Saraf

Membantu Aktifitas Otot dan Saraf

Alpukat yang mengandungan kalium tinggi, maka dari itu manfaat jus alpukat mampu membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh. Dan membantu dalam aktivitas otot, fungsi saraf, dan metabolisme energi.

Salah satu fungsi utama kalium yaitu mengendalikan fungsi saraf dan otot. Kalium, bersama dengan natrium, membantu saraf mengirim sinyal listrik yang diperlukan untuk fungsi sistem saraf.

9. Mampu Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Beberapa nutrisi larut pada lemak, yang berarti bahwa mereka perlu dikombinasikan dengan lemak untuk dimanfaatkan. Vitamin A, D, E, dan K bersama dengan antioksidan seperti karotenoid adalah beberapa dari mereka yang harus dikonsumsi dengan lemak.

Manfaat jus alpukat memberikan semua lemak sehat secara dramatis dan meningkatkan nilai gizi makanan nabati lainnya.

10. Mampu Menghilangkan Bau Mulut

Mampu Menghilangkan Bau Mulut

Mampu Menghilangkan Bau Mulut

Tekstur alpukat yang seperti krim mampu membersihkan mulut ketika dikonsumsi, sehingga berfungsi sebagai sikat gigi alami.

Manfaat alpukat juga bisa menghilangkan bakteri dan sisa makanan yang tersangkut di gigi, tenggorokan dan usus, sehingga membantu menghilangkan bau mulut.

Jenis-Jenis Tanaman Alpukat

Tanaman Alpukat

Tanaman Alpukat

Tanaman alpukat merupakan jenis tanaman buah unggulan yang berasal dari Meksiko. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 20 meter.

Buah alpukat mempunyai kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya.

Daging buah alpukat memiliki warna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Budidaya tanaman alpukat tergolong sanagt mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan perawatan yang mahal. Asalkan syarat tumbuh tanaman ini terpenuhi dan perawatan yang teratur dilakukan.

Tanaman ini akan tumbuh dengan baik dan cepat berbuah. Bahkan dalam bertanam alpukat ini bisa dilakukan di pekarangan rumah atau halaman rumah sendiri. Asalkan punya halaman yang cukup dan memang hobi, berkebun alpukat mampu dilakukan dengan mudah.

Jika kalian tertarik untuk bertanam alpukat yang istimewa ini. Ada baiknya kalian mengetahui jenis-jenis alpukat yang cocok untuk dibudidayakan di iklim Indonesia.

Kali ini saya akan mengulas seputar jenis-jenis alpukat unggulan yang paling bagus dan paling cocok dibudidayakan.

1. Jenis Alpukat Wina

Jenis Alpukat Wina

Jenis Alpukat Wina

Jenis Alpukat Wina ini merupakan salah satu alpukat lokal yang menjadi unggulan yang terkenal dengan ukuran buah yang besar. Jenis ini mampu berbobot 1.3 kg – 1.8 kg/buah dibandingkan alpukat biasa.

Buah Alpukat Wina memiliki daging buah yang tebal, padat dan berwarna kuning. Dan juga buah ini memilki citarasa yang terbilang gurih, manis, dan tentunya nikmat.

2. Jenis Alpukat Mentega

Jenis Alpukat Mentega

Jenis Alpukat Mentega

Jenis alpukat mentega ini merupakan jenis buah alpukat unggulan. Dikarena mempunyai buah dengan daging yang tebal, padat dan bertekstur kenyal tak berair.

Dan yang paling menarik adalah buah alpukat ini mempunyai daging buah yang berwarna kuning cantik tampak bersih tanpa cacat dan serupa dengan mentega.

Buah alpukat mentega memiliki bentuk cenderung bulat dengan bagian pangkal dan ujung agak membulat dengan panjang sekitar 13 -17 cm dan diameter 10 – 14 cm.

Adapun berat buahnya rata-rata sekitar 600 gram /buah. Buah ini memiliki kadar protein 1,37%, dan kadar lemak 7,58%.

3. Jenis Alpukat Kendil

Jenis Alpukat Kendil

Jenis Alpukat Kendil

Jenis ini sesuai dengan gelar yang disandangnya, buah alpukat yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dan mempunyai bentuk serupa kendil. Bobot satu buahnya mampu mencapai 1 – 2 kg/buah.

Buah alpukat kendil memiliki daging buah yang tebal dengan biji yang kecil. Buah ini juga mempunyai rasa yang lebih nikmat, lembut, manis dan bisa di makan langsung.

Jenis-Jenis Lainnya:

  • Jenis Alpukat Miki
  • Jenis Alpukat Aligator
  • Jenis Alpukat Tanpa Biji
  • Jenis Alpukat Hass
  • Jenis Alpukat Pluwang / Green Star

***

Baca juga: Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Demikian lah seputar tentan manfaat Jus alpukat dan jenis-jenis tanaman alpukat yang saya terangkan, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Agustus 17, 2019

    […] Baca juga: Manfaat Jus Alpukat Bagi Kesehatan […]

  2. Agustus 17, 2019

    […] Baca juga: Manfaat Jus Alpukat Bagi Kesehatan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *