Peluang Usaha Rumahan Makanan Ringan Dengan Omzet Menggiurkan

Banyak sekali jenis peluang usaha rumahan makanan ringan yang bisa kalian jalankan dengan omzet yang sangat menggiurkan dengan modal keci. Siapa sih yang tidak ingin sukses di bidang usaha? nah kali ini saya akan bahas beberapa makanan ringan yang dapat kalian coba sebagai bisnis.

Disetiap daerah Indonesia memiliki beragam khas kuliner masing-masing tiap tempat. Perlu anda ketahui bahwa bisnis makanan atau kuliner ini tidak akan pernah mati.

loading...

Mengapa demikian? karena makanan termasuk kedalam bahan pokok kebutuhaan manusia. Inilah yang menjadikan peluang besar dalam mengelola usaha makanan, apalagi makanan ringan seperti keripik.

Akan tetapi kita juga harus mengerti permintaan konsumen, dan jenis makanan apa yang sedang ramai pembeli. Maka kalian harus pintar-pintar melihat peluang usaha, agar usaha yang dirintis kita ini sukses besar.

Ada beberapa jenis peluang usaha makanan ringan yang dapat kalian coba dengan modal kecil dan omset cukup menggiurkan. Apa sajakah itu? simak baik-baik artikel kami ini.

Beberapa Ide Usaha Rumahan Makanan Ringan Yang Menjanjikan

Ide Usaha/AturDuit.com

Ide Usaha/AturDuit.com

Sebelum kalian memulai usaha rumahan makanan ringan, alangkah baiknya kalian harus membaca peluang terlebih dahulu. karena tiap-tiap daerah itu berbeda-beda keinginan konsumen.

Usaha juga tidak semuanya harus membutuhkan modal yang besar kok, kita juga bisa menggunakan modal kecil, karena usaha itu yang di butuhkan adalah Skill .

Perlu anda catat dalam memori anda kata-kata ini”usaha itu bukan seberapa besar modal yang dikeluarkan, akan tetapi seberapa besar hasil yang didapatkan dari modal kecil”.

Jika kalian ingin bisnis tapi kendala modal, itu bukanlah masalah. Mengapa? karena jika kita memiliki Skill atau keahlian dalam usaha, maka inilah kuncinya.

Inilah beberapa jenis usaha rumahan makanan ringan yang dapat kalian coba di rumah, diantaranya:

1. Usaha Keripik Singkong

Usaha Keripik Singkong/Cookpad.com

Usaha Keripik Singkong/Cookpad.com

Mungkin menurut kalian makan ini simpel dan banyak ditemukan dimana-mana. Tapi taukah kalian bahwa keripik singkong ini dari sejak dulu sampai sekarang masih banyak peminatnya.

Bahkan bisa dikatakan cemilan ini sangat banyak peminatnya dan masih dalam urutan atas jajanan cemilan. Usaha keripik singkong juga tidak memerlukan banyak modal kok.

Dari segi bahan baku untuk usaha keripik singkong ini sangat mudah ditemukan dimana-mana, harga bahan baku murah. Tapi kalian harus pintar mengemas makanan ringan ini.

Keuntungan besar dari keripik singkong ini adalah peminat mulai dari anak kecil hingga dewasa sangat menyukai makanan ringan ini. Tapi kalian harus inovasi dalam segi rasa, karena orang-orang akan terus membeli produk usaha kita jika rasanya mantap.

2. Usaha Makanan Makaroni

Usaha Makanan Makaroni/nditzndulz.wordpress.com

Usaha Makanan Makaroni/nditzndulz.wordpress.com

Makaroni merupakan salah satu makanan ringan rumahan yang cukup menjanjikan hasilnya. Ini dapat dibuktikan dengan permintaan pasar yang sangat banyak, permintaan ini yang sudah matang.

Maka ini sebuah peluang bagi kalian yang ingin berusaha rumahan di makanan ringan. Bahan mentah makaroni juga sangat banyak di pasaran, masalah bumbu kalian tinggal menaburinya karena bumbu siap saji banyak.

Penggemar makanan ringan ini sangatlah banyak mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Makaroni termasuk cemilan yang sangat enak untuk di konsumsi, apalagi kalau rasanya pedas pastilah pengen nambah dan nambah.

Bisnis makaroni ini mungkin menjadi salah satu peluang usaha bagi anda yang ingin mencobanya.

3. Usaha Keripik Kaca

Usaha Keripik Kaca/Tokopedia.com

Usaha Keripik Kaca/Tokopedia.com

Keripik kaca merupakan cemilan terbaru dari kota Bandung, makanan ringan ini sedang banyak di bicarakan orang-orang dengan ciri khas rasanya.

Keripik  kaca ini sebetunya makanan yang berbahan dasar opak singkong yang dibuat sangat tipis, lalu ditaburi bumbu-bumbu aneka rasa.

Mengapa dinamai dengan keripik kaca? karena dari segi bentuknya yang seperti kaca, tembus pandang dan kriuk-krius ketikan di santap. Membuat makanan ini langsung digemari oleh masyarakat.

Mungkin ini salah satu usaha rumahan yang wajib kalian coba, karena bahan baku banyak tersedia, bumbu sangat simpel dan satu lagi keuntungan jika kalian minat usaha ini yaitu cemilan terbaru.

Disinilah yang menjadikan peluang usaha ini akan menjanjikan hasilnya, karena rasanya yang pedas dan enak dari keripik kaca ini menjadikan banyak kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa menggemari.

Beberapa orang telah mebuktikan bahwa usaha keripik kaca ini sangat menguntungkan dan mendapatkan omzet yang tinggi.

4. Jamur Krispy

Jamur Krispy/sajiansedap.grid.id

Jamur Krispy/sajiansedap.grid.id

Jamur krispy merupakan cemilan yang mengandung protein dan bermanfaat bagi kesehatan. Ini merupakan sebuah peluang usaha bagi anda, karena peminat dan rasa dari jamur crispy ini sangat banyak digemari di masyarakat.

Maka saya sarankan cobalah kalian buat usaha ini dengan menu rasa yang bervarian seperti jamur crispy balado, gurih, original dan sebagainya.

Bahan baku untuk  jamur crispy ini sangat banyak kita temukan, ini membuat keuntungan bagi kita seorang pengusahan agar tidak sulit mencari bahan baku.

5. Singkong Crispy

Singkong Krispy

Singkong Krispy

Olahan singkong itu memang banyak, bahan baku gampang didapatkan, peluang saingan memang terbilang banyak. Akan tetapi kita lihat permintaan pasar dan peminat jenis olahan singkong ini, hampir semua penduduk Indonesia menyukai cemilan yang satu ini.

Maka saya sarankan cobalah bagi kalian untuk memulai bisnis singkong krispy ini, seperti produk usaha yang saya jalankan ini yaitu jenis singkong krispy varian baru.

Juga perlu kalian ketahui untuk bisnis singkong crispy ini kalian harus pintar-pintar pemasarnnya supaya cepat melesat dan terkenal di masyarakat.

Baca juga: Jenis Olahan Singkong 

6. Bola Bola Sweet

Bola-Bola Sweet/FB@Siti

Bola-Bola Sweet/[email protected]

Bola bola sweet merupakan makanan cemilan yang kekinian dan banyak digemari mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Sangat simpel pembuatannya dan memiliki ciri khas tersendiri, memang sekilas bola bola sweet ini hampir mirip seperti bolu.

Cemilan bola-bola sweet ini ditemukan oleh siswa yang masih  duduk di bangku sekolah, dia mengkombinasikan antara jenis bolu kecil dengan bahan baku umbi-umbian dan didalamnya terdapat coklat yang lezat serta di taburi jenis-jenis toping.

Jika kalian penasaran, mungkin dapat di coba untuk dijadikan usaha rumahan makanan ringan ini, siapa tau kalian sukses  dan berhasil.

7. Peuyeum Crishpy

Peuyeum Crispy

Peuyeum Crispy

Peuyeum Crispy merupakan sebuah makanan cemilan yang berbahan dasar peuyeum lalu di goreng dengan di taburi terigu.

Peuyeum crispy ini sangat enak dan mengandung manfaat bagi kesehatan, banyak peminatnya. Mungkin ini juga bisa kalian coba untuk memulai usaha makanan peuyeum crispy ini di rumah.

Baca juga: Peuyeum Crishpy Secara Lengkap

Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha

pngdownload.id

pngdownload.id

Keberhasilan sebuah usaha itu dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor. Berbicara soal usaha pasti sangat berkaitan erat dengan yang namnya bisnis.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis kita ini, seperti mulai dari ide bisnis apa, menentukan lokasi usaha dan sebagainya.

Walaupun usaha yang kita jalankan ini merupakan usaha rumahan makanan ringan, tapi kalian sangat penting mengetahui beberapa faktor penjunjang keberhasilan ini.

Banyak orang-orang yang sudah memulai usaha, akan tetapi tidak memahami dan pengalaman yang harus mereka ketahui. Padahal pemahaman ini menjadi salah satu faktor pendorong keberhasilan bisnis kita yaitu:

1. Mental Pengusaha

inman.com

inman.com

Kegagalan sebuah usaha itu sering terjadi ketika bisnis kalian mendapat masalah dan pada pengelolaan. Maka kebanyakan para pemula atau yang baru terjun di dunia usaha sering menghadapi permasalahan lalu dihadapi dengan mental pasrah pada masalah tersebut.

Nah itu adalah pemikiran yang salah, Jika yang sudah memiliki mental pengusaha pasti setiap masalah dia akan hadapi dan mencari jalan keluarnya supaya usaha mereka lancar.

Mental bagi para pengusaha atau pembisnis ini adalah hal yang wajib di miliki, karena mental dapat mempengaruhi keberhasilan usaha kita.

2. Pengetahuan Bisnis Sendiri

Bagi kalian yang ingin mencoba di dunia usaha atau bisnis, disarankan kalian kalian harus mengetahui pengetahuan dan pengalaman di bidang bisnis yang akan kalian jalankan.

Karena pengetahuan tentang bisnis yang akan kalian jalankan ini, kalian akan memahami bagaimana cara menjalankannya dan kalian bisa mengelola yang berhubungan langsung dengan usaha tersebut.

3. Sumber Daya Manusia

Jika kalian sudah maju di bisang usaha rumahan makanan ringan,pastilah kalian membutuhkan beberapa karyawan untuk membantu supaya bisnisnya lancar.

Maka dari itu kalian pasti membutuhkan sumber daya manusia yang handal dan yang memiliki kemampuan dalam hal bisnis anda supaya usaha yang kita jalankan akan berhasil dan sukses.

4. Ketekunan

Segala sesuatu jika kita tekuni pasti ada hasilnya, inilah sebuah gambaran bahwa jika kalian sedang memulai usaha kalian usahakan tekunilah hingga menjadi sukses.

Ketekunan sangat dibutuhkan bagi para pengusaha karena dapat mempengaruhi faktor keberhasilan usaha kalian.

5. Pantang Menyerah

Mentah seorang pengusaha itu harus pentang menyerah,  jangan takut kegagalan, harus siap menghadapi permasalahan, siap berhadapan dengan resiko dan sebagainya.

Jika kalian ingin usaha, akan tetapi suka mengeluh dan gampang menyerah, maka itu akan susah maju di usaha kalian.

6.  Modal

Modal yang kita miliki menjadi penentu usaha apa yang akan kita jalankan. usahakan kalian jangan terpaku seberapa besar kecilnya modal yang kita punya untuk memulai usaha.

banyak orang-orang yang memiliki modal kecil atau pas-pasan untuk memulai usaha menjadi penghasilan yang sangat besar. Karena perlu kalian ketahui bahwa kita ini memulai usaha dengan modal kecil untuk menjadi penghasilan yang besar.

Jika usaha rumahan makanan ringan kita sudah mulai berkembang dan penghasilan besar, otomatis modal kita besar kita harus cepat-cepat membuka usaha lagi.

Agar omset penghasilan kita tidak mengandalkan 1 bisnis saja.

7.  Perencanaan Bisnis Atau Usaha

Sebelum kita menjalankan bisnis atau usaha, kalian harus bisa merencanakan bisnis yang ingin kalian jalankan. Bagaimana cara memulai bisnis dan mengembangkannya agar bisnis rumahan kita menjadi perusahaan yang besar.

Kalian harus merencanakan terlebih dahulu usaha apa yang akan di jalankan, target pasar, harga jual dan strategi pemasaran yang efektif dan efisien bagi bisnis anda.

8. Do’a dan Keyakinan Pada Usaha Kita

Yang terakhir yang perlu kalian catat untuk keberhasilan usaha kalian perbanyaklah do’a dan keyakinan anda agar usaha kalian lancar dan sukses dijalankan.

Berbisnis sembari berdoa itu lebih baik untuk menentukan keberhasilan usaha kalian.

Strategi Pemasaran produk Usaha Yang Perlu Diketahui

Pemasaran produk merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menentukan performa usahan rumahan makanan ringan kalian. Strategi pemasaran produk adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan produk usaha kalian.

Jika kalian sudah menentukan usaha makanan apa yang akan kalian jalankan, maka langkah selanjutnya yaitu kalian tinggal gencar pemasaran bisnis anda.

ada beberapa cara agar produk  pemasaran anda cepat diketahui oleh konsumen dan masyarakat luas, yaitu sebagai berikut:

1. Memanfaatkan Sosial Media

Kalian pasti tau yang namanya sosial media, ya semua orang pasti menggunakan media ini sebagai interaksi sosial. Tapi tau kah kalian bahwa media sosial ini bisa kita manfaatkan sebagai strategi pemasaran produk usaha kalian.

Maka saya sarankan kepada kalian untuk memperkelnalkan jenis produk usaha kalian lewat Faceboo, Twitter, Instagram dan sebagainya.

2. Penawaran Produk Secara Gratis

Buatlah penawaran produk secara gratis untuk menarik pelanggan dan seorang costumer. Penawaran produk secara gratis ini merupakan strategi pemasaran produk usaha kalian paling ampuh.

3. Menciptakan Produk Berkualitas

Menciptakan produk usaha kita berkualitas merupakan hal yang harus kalian pahami, agar para pelanggan puas akan produk usaha kita.

4. Membuat Kemasan yang Menarik

Kalian jika memulai usaha dengan jenis makanan yang sudah ada, maka kalian harus kreatif dan inovatif pada kemasan produk anda. Supaya memiliki daya tarik para pelanggan dan tidak monoton seperti makanan lain.

5.  Buat Promosi

Langkah ini sangat efektif sekali bagi kalian yang pemula di bidang usaha atau bisnis dengan melakukan promosi produk anda. ini akan menjadi daya tarik para pelanggan yang baru mengenal usaha kalian dan merupakan strategi pemasaran yang efektif.

***

Demikian lah hal-hal yang perlu anda ketahui seputar peluang usaha rumahan makanan ringan yang berhasil saya bahas di artikel ini, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *