Sanghyang Heuleut Tempat Wisata Bandung Barat Terbaru

Sanghyang heuleut merupakan tempat wisata yang berada di Bandung Barat , tepatnya di kecamatan Cipatat Rajamandala. Kota Bandung memang terkenal akan sejuta tempat wisatanya.

Tapi tahu kah kalian bahwa sekarang ini lagi rame-ramenya orang mengunjungi tempat wisata yang bernama Sanghyang Heuleut. Pasti sebagian orang masih belum mengetahui tempat yang satu ini yang di juluki sebagai danau purba.

loading...

Kalian pasti penasaran apa itu Sanghyang Heuleut atau danau purba ini. Yah kali ini saya akan membahas tempat wisata yang satu ini lagi rame-ramenya di kunjungi para pecinta alam.

Sanghyang Heuleut

Wisata Sanghyang Heuleut Via IG_Asep07

Wisata Sanghyang Heuleut Via IG_Asep07

Sanghyang heulet merupakan sebuah danau purba yang dulunya menggenangi Bandung. Tempat ini berbentuk sebuah kubangan air dengan di himpit tebing dan pepohonan di sekitarnya.

Tempat ini merupakan salah satu wisata alam yang menyajikan keindahan tempatnya, dan sangat mempesona. Bagi kalian yang suka dengan tempat yang masih alami, dan bernuansa keaslian alamnya saya saya sarankan kunjungi tempat yang satu ini.

Keaslian tempat wisata Sanghyang Heuleut ini dihasilkan dari perpaduan antara pepohonan yang rindang, tebing yang kokoh serta kondisi air yang jernih.

Ini merupakan tempat wisata yang sempurna bagi kalian untuk pelepas penat dan bosan. Juga masih ada satu lagi tempat wisata yang terkenal di dekat Sanghyang Heuleut ini, yaitu terdapat wisata Sanghyang Tikoro.

Kedua tempat wisata ini memiliki sejarah dan mitos yang misterius yang layak kalian kunjungi. Tempat ini sangat kental dengan mitos yang beredar di masyarakat, seperti danau Sanghyang Heuleut ini merupakan tempat mandi Bidadari.

Asal-Usul Sanghyang Heuleut Atau di Sebut Danau Purba

Danau Purba Sanghyang Heuleut Via IG_@Liawarokaa

Danau Purba Sanghyang Heuleut Via [email protected]

Menurut cerita masyarakat yang beredar, konon tempat wisata satu ini merupakan danau purba yang dahulu kala pernah menggenangi Kota Bandung.

Konon Sanghyang Heuleut ini merupakan danau purba yang dihasilkan dari letusan Gunung Merapi yang bernama Gunung Sunda. Hal ini bisa kita lihat dari bentuk danau yang dikelilingi oleh bebatuan besar yang menjulang tinggi.

Lalu tak hanya danau saja yang berada di tempat itu, ada satu aliran air terjun kecil yang merupakan aliran sungai Citarum Purba. Aliran sungai Citarum purba inilah yang mengairi danau Sanghyang Heuleut tersebut.

Lalu ada lagi menurut mitos yang beredar di Sanghyang Heuleut ini konon dijadikan tempat mandinya para Bidadari. Konon, danau alami yang satu ini merupakan tempat mandinya bidadari yang turun dari kahyangan.

Sanghyang Heuleut sendiri jika diartikan memiliki arti tempat yang suci dan di kunjungi oleh bidadari yang memiliki waktu berbeda dengan manusia.

Ini bisa kita lihat dari makna yang terkandung dari kata “Sanghyang” yang artinya ‘sesuatu di anggap suci’ dan “heuleut” diartikan ‘selang antara dua waktu’.  Ini jika kita artikan kedalam bahasa Sunda.

Sekarang mitos ini masih menjadi kontroversi, antara percaya dan tidak percaya, yang  membuat tempat ini menjadi keramat menurut masyarakat setempat.

Akan tetapi seiringnya waktu, tempat ini sudah menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi para pecinta alam dan sebagainya.

Lokasi Sanghyang Heuleut

Peta Lokasi

Peta Lokasi

Lokasi tempat wisata Sanghyang Heuleut ini berada di daerah Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Jika kalian ingin mengunjungi tempat ini kalian bisa mengambil rute Padalarang -Cianjur, dan berhenti di pasar Saguling.

Lokasi tempat wisata ini bersebelahan dengan PLTA Saguling. Kalian tidak akan tersesat, karena jika sudah berada di daerah tersebut, warga sekitar sudah mengetahuinya.

Ketika kalian akan menyusuri ke lokasi Sanghyang Heuleut, di sepanjang perjalanan kalian akan di suguhkan dengan keindahan hutan yang alami dan bebatuan yang besar.

Juga sebelum kalian sampai ke tempat tujuan, jika kalian melalui rute aliran sungai maka kalian akan melintasi wisata Sanhyang Tikoro. Sanghyang Tikoro sendiri merupakan wisata berupa gua dan sungai bawah tanah.

Keindahan Wisata Danau Purba

Keindahan wisata danau purba Sanghyang Heuleut ini memiliki keindahan warna danau yang sering berubah-ubah. Perubahan warna danau ini dihasilkan dari perubahan cuaca pada tempat tersebut, atau juga dipengaruhi oleh suhu kondisi lingkungan.

Ketika musim kemarau tiba, maka warna danau yang dihasilkan biasanya berwarna Biru tua, Biru muda, bahkan berwarna Hijau toska. Pemandangan di sekitar danau ini akan terlihat indah jika kalian berada pada posisis di tebing-tebing bebatuan, tebing-tebing yang menjulang tinggi yang terlihat sangat indah untuk di  pandang serta dapat diabadikan.

Air danau Sanghyang Heuleut ini berasal dari aliran sungai Citarum Purba. Danau ini dikelilingi oleh batu-batu besar yang merupakan berasal dari letusan gunung merapi purba yang dinamankan Gunung Sunda.

Gunung tersebut Mengapit danau kecil ini yang membuat pemandangan di sekitarnya menjadi unik yang pantas dijuluki sebagai surga tersembunyi.

Obyek wisata yang satu ini terkenal dengan berkembangnya yang memposting di sosial media seperti Instagram dan Facebook. Banyak anak-anak muda yang mengunjungi Sanghyang Heuleut lalu menggunggahnya ke Facebook dan Instagram. Yang membuat destinasi ini menjadi semakin terkenal dan populer.

Tidak hanya pemandangan saja yang disajikan danau  ini, tapi dengan airnya yang jernih membuat para pendatang untuk berenang. Karena airnya yang segar, juga kalian bisa melompat di tebing yang terdapat di pinggir danau tersebut.

Sanghyang Tikoro Atau Gua Bawah Tanah

Sanghyang Tikoro merupakan tempat wisata yang sama lokasinya dengan Sanghyang Heuleut. sanghyang Tikoro merupakan aliran sungai yang masuk ke dalam gua bawah tanah, yang entah dimana akan keluarnya. Ini masih menjadi misteri di kalangan peneliti.

Jika kalian penasaran dengan wisata ini, kalian bisa kunjungi Sanghyang Tikoro Merupakan Tempat Wisata, Sejarah dan Misterius.

Tempat wisata ini masih ada sangkut pautnya dengan danau purba yang berada di Sanghyang Heuleut. Tempat ini merupakan memiliki gua yang panjangnya lebih dari 800 meter. Tempat ini kerap dijadikan lokasi  kunjungan para mahasiswa geologi, untuk meneliti batuan dan beberapa peninggalan lain yang belum diketahui.

Sanghyang Poek

Sumber Wisatasia.com

Sumber Wisatasia.com

Tak jauh dari tempat wisata Sanghyang Tikoro, masih ada satu lagi tempat wisata yang tak kalah indahnya dan masih mengundang misteri yaitu Sanghyang Poek.

Jika kalian penasaran dengan wisata ini, kalian bisa kunjungi Wisata Sanghyang Poek Serta Sejarah Mitos Gua Purbakala.

Dari namanya saja pasti kalau orang sunda sudah tau artinya, yaitu berupa tempat Gua yang gelap.

Wisata Sanghyang Kenit

Wisata Sanghyang Kenit ini hanya dapat kalian nikmati ketika keadaan sungai citarum purba sedang surut. Wisata yang satu ini masih berkaitan dengan wisata sanghyang lainnya.

Jika kalian penasaran dengan wisata ini, kalian bisa kunjungi Sanghyang Kenit Pesona Wisata Alam Sungai Citarum Purba Rajamandala.

Keempat lokasi wisata ini  masih berada di satu Kecamatan, yaitu di Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat. Jika kalian penghobi keindahan alam dan yang menantang misterinya, kalian boleh mencoba mengunjunginya.

Juga ketiga tempat wisata ini sebetulnya sudah ada sejak dulu, dan masyarakat setempat sudah tau namun belum seramai seperti sekarang.

Sebelum kalian mengunjungi lokasi danau, di kampung tersebut ada sebuah pemandian air panas alami yang ada di sana. Memang pemandian air panas ini tidak terlalu terkenal seperti pemandian air panas Cianjur.

Akan tetapi masyarakat yang sering berkunjung ke sana suka mandi di pemandian air panas sebagai pengobatan. Karena air panas yang terdapat di kampung tersebut mengandung belerang, dan baik utuk kesehatan.

***

Baca juga: Tempat Wisata Bandung Terbaru dan Paling Banyak Dikunjungi

Demikian lah informasi seputar tempat Wisata Sanghyang Heuleut yang memiliki  julukan sebagai danau purba. Semoga bermanfaat bagi kalian yang telah membaca artikel ini, Terima Kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

6 Respon

  1. Agustus 20, 2019

    […] Baca juga: Sanghyang Heuleut Merupakan Tempat Wisata Bandung Terbaru […]

  2. Agustus 22, 2019

    […] Daerah Cimerang, Cipatat juga tak hanya terkenal akan olahan peuyeum dari singkong, akan tetapi memiliki tempat wisata yang sekarang lagi ramai di kunjungi seperti Sanghyang Heulet. […]

  3. Agustus 24, 2019

    […] Baca juga: Sanghyang Heuleut Tempat Wisata Bandung Barat Terbaru […]

  4. Agustus 28, 2019

    […] Baca juga: Sanghyang Heuleut Tempat Wisata Bandung Barat Terbaru […]

  5. Agustus 30, 2019

    […] Baca juga : Sanghyang Heuleut Tempat Wisata Bandung Barat Terbaru […]

  6. September 2, 2019

    […] juga :  Sanghyang Heuleut Tempat Wisata Bandung Barat Terbaru Semua itu merupakan sebuah tepat wisata yang berada di Rajamandala Kulon, kecamatan Cipatat. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *