Sanghyang Kenit Pesona Wisata Alam Sungai Citarum Purba Rajamandala

Sanghyang Kenit Pesona Wisata Alam Sungai Citarum Purba Rajamandala, Cipatat, Bandung Barat. Merupakan surga wisata yang tersembunyi seperti Sanghyang Tikoro, Sanghyang Heuleut dan sebagainya.

Apa kalian tau yang namanya Sungai Citarum? ya mungkin orang-orang sudah tau akan sungai ini. Sungai Citarum sendiri ini berada di Bandung Barat.

loading...

Sanghyang Kenit

Wisata Sanghyang Kenit

instagiz.com

Tapi apakah kalian sudah pernah mendengar yang namanya aliran Sungai Citarum Purba? mungkin nama sungai ini masih asing bagi kalian.

Dibalik Sungai Citarum yang besar dan panjang ini ada sebuah aliran yang bernama Aliran Sungai Citarum Purba. Yang terletak di Desa Rajamandala Kulon, yang memiliki penuh akan kekayaan sejarah dan ilmu pengetahuan.

Dibalik aliran Sungai Citarum Purba ini terdapat sebuah wisata yang bernama Sanghyang Kenit. Mungkin sebagian orang tau wisata yang berada di aliran Sungai Citarum Purba itu ada Sanghyang Heuleut dan Sanghyang Tikoro.

Wisata Sanghyang Kenit ini memang masih di bilang baru ramai di kunjungi orang-orang sekarang akan keindahannya dari segi aliran sungai dan alamnya.

Wisata Sanghyang ini berada di sebuah Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Lokasi Sanghyang Kenit sendiri sangat dekat dengan wisata Sanghyang-Sanghyang lainnya.

Terutama Sanghyang Tikoro yang ternyata berhubungan dengan adanya sebuah Goa yang menuju langsung dengan Sanghyang Kenit.

Goa tersebut memiliki panjang sekitar 300 meter yang berada di sebelah kiri samping jalan masuk ketika menuruni lokasi wisata ini.

Menurut salah seorang penduduk asli desa setempat juga sekaligus pengurus Wisata Sanghyang Kenit yang bernama Kang Dodo. Goa tersebut bisa kita masuki oleh pengunjung, akan tetapi dengan catatan harus di dampingi oleh seorang pemandu.

Juga Goa ini hanya bisa kita masuki ketika air Sungai Citarum Purba sedang surut. Wisata Sanghyang Kenit sendiri sebetulnya sudah ada dari sejak dahulu kala dan sering dikunjungi oleh Mahasiswa pecinta alam atau sebagai penelitian.

Akan tetapi baru beberapa tahun ini Sanghyang Kenit baru resmi dibuka sebagai destinasi wisata alam yang mengandung Sejarah, Misteri dan juga akan keindahan tempatnya.

Ketika kalian berada di Wisata Sanghyang ini anda dapat menikmati pemandangan alam Sungai Citarum Purba dengan bebatuan yang berusia jutaan tahun.

Kepengurusan wisata Sanghyang

Keindahan Lokasi Sanghyang

instagiz.com

Dilihat dari segi pengunjung yang kini kian meningkat setiap minggunya, maka pihak Desa Rajamandala Kulon pun merasa senang dan sekaligus bangga akan pencapaian yang sudah terlihat.

Lalu masyarakat setempat mengelola Wisata Sanghyang Kenit ini dengan nama Pokdarwis. Destinasi Wisata Sanghyang ini yang diurus oleh Pokdarwis untuk memberdayakan masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan ekonomi di sekitar.

Pesona Wisata Alam Sanghyang Kenit Sungai Citarum Purba

Keindahan warna-warni bebatuan yang berusia ratusan juta tahun di Wisata Sanghyang Kenit ini hanya dapat kita saksikan ketika air sungai surut.

Jika kalian sedang berkesempatan mengunjungi destinasi Wisata Sanghyang tersebut, saya sarankan untuk mengunjungi Sanghyang-Sanghyang lainnya yang belokasi sama di aliran Sungai Citarum Purba ini.

Salah satunya Wisata yang berada dekat dengan Sanghyang Kenit yaitu Sanghyang Tikoro yang memiliki keindahan dan memiliki akan sejarah serta mengandung misteri.

Mungkin kalian jika mengunjungi suatu tempat wisata kalian hanya dapat menikmati akan keindahan dan suasana di tempat wisata tersebut.

Akan tetapi ada sesuatu yang berbeda dari tempat wisata yang satu ini, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan serta dengan pengetahuan akan Sajarah dan memiliki Misteri.

Mungkin kalian berfikir kita ini mau berwisata atau mau uji nyali yah. Tapi ini hanya akan kalian dapatkan ketika kalian mengunjungi wisata-wisata Sanghyang yang berada di Desa Rajamandala Kulon.

Juga ada sebuah Danau Purba yang terletak di sebuah aliran Sungai Citarum Purba ini, yang di namakan Sanghyang Heuleut. Kalian kan disuguhkan dengan sebuah danau kecil yang memiliki air jernih berwarna biru kadang berwarna hijau.

Masih banyak sekali sejarah yang berada di sekitar tempat Wisata Sanghyang tersebut yang belum terpecahkan oleh para ahli Sejarah dan para Arkeolog.

Beberapa Tempat Wisata yang Berada di Rajamandala Sedang Hangat Dikunjungi

Today.line.me.com

Beberapa Tempat Wisata yang Berada di Rajamandala Sedang Hangat Dikunjungi

Desa Rajamandala Kulon merupakan sebuah perkampungan yang berada di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Merupakan sebuah Desa yang berdekatan dengan perbatasan Kota Cianjur.

Jika kalian tempuh dari Kota Bandung, maka kalian akan menempuh jarak sekitar 36 km dengan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Rajamandala memiliki beberapa tempat wisata yang saat ini sedang hangat dikunjungi oleh orang-orang. Wisata yang berada di kawasan Rajamandala ini  tak hanya sebuat tempat yang indah saja.

Akan tetapi memiliki sejarah yang langsung berhubungan antara kota Bandung ketika jaman dulu. Bahkan beberapa peneliti, yang berada di tempat wisata Rajamandala ini sangat memiliki beberapa misteri  yang sampai saat ini belum bisa dipecahkan oleh sebagian peneliti.

Inilah beberapa tempat wisata yang berada di Desa Rajamndala Kulon seperti Sanghyang Kenit, Sanghyang Tikoro, Sanghyang Heuleut.

1. Wisata Rajamndala Sungai Cikahuripan

telusurindonesia.com

telusurindonesia.com

Kali ini ada satu tempat wisata yang tidak kalah indahnya dengan tempat Sanghyang dan baru-baru ramai di kunjungi orang-orang. Yaitu Wisata Sungai Cikahuripan yang katanya menurut orang-orang keindahannya tidak kalah dengan Green Canyon Bandung.

Nama Cikahuripan ini berasal dari bahasa Sunda mempunyai arti air yang membawa kehidupan. Menurut warga setempat, aliran Sungai Cikahuripan memiliki manfaat bagi kesehatan.

Keindahan wisata sungai ini terlihat oleh sebuah dua tebing yang menjulang tinggi yang menghimpit sebuah aliran Sungai Citarum Purba yang mirip dengan Green Canyon.

2. Wisata Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan salah satu destinasi wisata alam yang saat ini sedang ramai di kunjungi prang-orang. Wisata Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau kecil yang di himpit oleh tebing-tebing tinggi serta di aliri oleh Sungai Citarum Purba.

Wisata ini merupakan salah satu destinasi alam yang berada di Desa Rajamndala, sama seperti Wisata Sungai cikahuripan. Wisata ini tak Hanya memiliki keindahan danaunya saja, akan tetapi memiliki mitos dan misteri tersendiri.

Baca juga: Sanghyang Heuleut Tempat Wisata Bandung Barat Terbaru

3. Wisata Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro By@pevypev

Sanghyang Tikoro [email protected]

Sanghyang tikoro adalah sebuah tempat destinasi wisata yang memiliki sejarah sekaligus mmengandung mitos dan misteri didalamnya. Bisa kalian bayangkan, sebuat tempat wisata yang menantang akan sejarahnya juga agak merinding dengan misterinya.

Akan tetapi anda akan terpesona dengan tempat wisata yang satu ini, yang memiliki keindahan alamnya serta keaslian alaminya. Wisata ini merupakan Goa bawah tanah yang dialiri oleh aliran Sungai Citarum Purba dibawahnya.

Destinasi wisata alam ini merupakan salah satu tempat wisata yang sama lokasinya dengan Sanghyang Heuleut, yang berada di di Desa Rajamandala Kulon.

Baca juga: Sanghyang Tikoro Merupakan Tempat Wisata, Sejarah dan Misterius

Makanan Khas Dari Kecamatan Cipatat

Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung

Baca juga : Cara Membuat Peuyeum Bandung Makanan Khas Kota Kembang

Mungkin kalian hanya tau yang terkenal dari desa ini adalah tempat wisatanya saja.  Akan tetapi menurut saya ada sebuah makanan yang terkenal di daerah Cipatat  ini loh, bahkan namanya merupakan makanan Khas Bandung  yaitu Peuyeum Bandung.

Peuyeum merupakan sebuah makanan yang berbahan dasar dari  singkong dan ada juga yang berbahan dasar dari beras ketan. Warga desa ini sangat banyak yang mengolah singkong untuk di jadikan sebagai bahan baku pembuatan Peuyeum, bahkan Peuyem ini sangat terkenal di masyarakat Indonesia.

***

Demikian lah artikel kami kali ini yang membahas Pesona Wisata Alam Sanghyang Kenit Sungai Citarum Purba Rajamandala, Cipatat, Bandung Barat. Yang merupakan surga wisata yang tersembunyi dan beberapa  tempat wisata lainnya.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Ujang berkata:

    Sangat bagus informasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *