Sejarah Bola Basket Di Indonesia Serta Perkembangannya

Sejarah mengatakan bahwa permainan bola basket di Indonesia sudah ada sejak masih dalam penjajahan. Para  perantauan cina lah yang membawa permainan ini ke indonesia. Artikel kami kali ini akan membahas sejarah masuknya permainan bola basket ke Indonesia.

Pasti kalian belum pada tau, sejak kapan sih bola basket ada di indonesia. Lalu kejuaraan apa saja yang telah di capai atlet Indonesia di cabang olahraga bola basket ini?. Nah kali ini saya akan membahasnya di bawah ini.

loading...

Akan tetapi sebelum kita membahas sejarah permainan ini di Indonesia, alangkah baiknya kita mengetahui sedikit sejarah penemu bola basket.

Sejarah Bola Basket

Sejarah Bola Basket

Sejarah Bola Basket

Sejarah permainan bola basket pertama kali di temukan oleh salah seorang guru olagraga yang bernama James Naismith. Dia seorang dosen di salah satu universitas Canada.

Ketika itu dia ada tugas untuk membuat sebuah permainan untuk menghilangkan kebosanan anak-anak siswa ketika liburan musim dingin.

James Naismith teringat oleh sebuah permainan ketika ia masih kecil. Alhasil terciptalah sebuah permainan yang bernama bola basket sekitar tahun 1891 di Amerika Serikat.

Tak lama kemudian permainan ini sangat populer di kalangan anak sekolah dan para pecinta permainan. Maka menyebarlah permainan ini seiring dengan banyaknya pertandingan-pertandingan yang di selenggarakan. Hingga masuk ke wilayah Asia Tenggara, dan salah satunya adalah negara Indonesia.

Setelah permainan bola basket ini menyebar dan mulai di pertandingkan, maka James Naismith membuat sebuah peraturan dasar. Ada beberapa yang di catat tentang aturan itu seperti jumlah pemain, beberpa teknik dasar.

Baca juga: Sejarah Bola Basket Lengkap

Sejarah Permainan Bola Basket di Indonesia

Sejarah Bola Basket Di Indonesia

Sejarah Bola Basket Di Indonesia

Sejarah bola basket di Indonesia memiliki perjalanan yang sangat panjang, ketika itu yang memperkenalkan permainan ini adalah orang-orang rantau cina. Ini sekitar pada tahun 1920-an, dimana Indonesia itu masih dalam penjajajahan.

Para perantauan itu telah memperkenalkan kepada kita permainan bola basket ini, di negara asalnya itu Cina permainan ini sudah populer. Waktu itu mereka membentuk sebuah komunitas sendiri dan termasuk mendirikan sekolah Tionghoa.

Lalu kemudian itu olahraga bola basket ini menjadi pelajaran olah raga yang wajib di sekolah mereka. Tidak  heran  jika setiap sekolah ada lapangan permainan bola basket dan juga tidak heran jika para pemain basket yang menonjol berasal dari sekolah-sekolah Tionghua tersebut.

Sejarah perkembangan bola basket ini terus berkembang hingga pada tanggal 1930-an di kota-kota Indonesia telah mendirikan klub-klub besar. Walaupun ketika itu Indonesia belum menjadi negara yang merdeka.

Sejarah Pertama Kalinya Pertandingan Bola Basket di Tingkat Nasional

Olahraga Nasional pertama (PON I

Olahraga Nasional pertama (PON I

Lalu setelah tahun kemerdekan Indonesia yaitu tanggal 17 Agustus 1945, Olahraga ini mulai di kenal luas dan mulai populer seperti kota Yogyakarta dan Solo. Ketika itu masih belum ada induk olahraga nasional. Namun ketika penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional pertama (PON I) ketika itu di adakan di kota Solo pada tahun 1948.

Ini merupakan permainan bola basket pertama kalinya di tingkat Nasional, dan mendapat sambutan yang sangat meriah dari segi penonton ataupun pesertanya.

Terbentuknya Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI)

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia

Sejarah mengatakan setelah tiga tahun usai pertandingan Nasional, yaitu tanggal 23 Oktober 1951, Persatuan Basketball Seluruh Indonesia terbentuk. Lalu pada tahun 1955 ada penyempurnaan nama yang sesuia dengan kaidah yaitu menjadi ‘Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia’ (Perbasi).

Kemudian Perbasi pada tahun 1953 mulai di terima menjadi anggota FIBA (the International Basketball Federation atau Federasi Bola Basket Internasional).  Satu tahun setelah menjadi anggota FIBA,  Indonesia pertama mengirimkan tim basket ke ajang Asian Games Manila.

Klub-Klub Papan atas Bola Basket Mulai Bermunculan

Pada tanggal 3 April 1982 merupakan tanggal yang sangat bersejarah bagi dunia bola basket di Indonesia. Munculnya klub-klub besar seperti klub Rajawali Jakarta, dan Semangat Sinar Surya Yogyakarta berdiri.

Sejarah mengatakan tahun itu ketika 2 klub berhadapan, sekaligus juga merupakan Kompetisi  Bola Basket  Utama (Kobatama).  Merupakan sebagai langkah awal dari sejarah panjang kompetisi klub-klub papan atas di yang ada di Indonesia.

Setelah 30 tahun olahraga ini mengalami perkembangan pasang surut, akan tetapi sekarang perkembangannya mengalami peningkatan yang pesat.

Ketika diawalinya oleh penyelenggaran Deteksi Basketball League (DBL) yang dikemas dengan sangat menarik sehingga mampu memberikan warna tersendiri dalam kompetisi tingkat pelajar di Indonesia.

Semakin maraknya kompetisi tingkat pelajar di ditiap-tiap daerah membuat makin tingginya prestasi pertandingan ditingkat pelajar Indonesia.

Kemudian dengan disusul bangkitnya liga profesional basket putra yang pada awalnya dikenal dengan nama Kobatama dan sekarang menjadi National Basketball League (NBL). Indonesia dan juga liga profesional basket putri yang sekarang dikenal dengan Women’s National Basketball League (WNBL).

Namun, tidak lupa juga kompetisi reguler dari Perbasi yang masih rutin diadakan, baik tingkat kejurnas kelompok umur, antar klub, antar pengprov, Libamanas, dan sebagainya.

Baca juga: Teknik Dasar Bola Basket Terlengkap dan Penjelasannya

Beberapa Bintang Atlite Bola Basket Legendaris

Legenda Pemain Bola Basket

Legenda Pemain Bola Basket

Pemain bola basket ini memiliki beberapa nama atlet yang tersohor dan sangat melegenda, siapa saja kah mereka. Seperti Michael Jordan, pasti kalian sudah tau siapa dia, ya dia merupakan salah satu legenda pemain bola basket.

Apakah ada orang indonesia yang menjadi altlet bola basket dunia?. Jawabannya ada, siapakah dia? ya namanya adalah Sonny Hendrawan.

1. Sonny Hendrawan

Sonny Hendrawan atau Tjien Siong

Sonny Hendrawan atau Tjien Siong

Sonny Hendrawan atau juga di sebut Liem Tjien Siong merupakan pemain basket legendaris indonsia. Dia mula terkenal sejak era 1967, ketika Kejuaraan Bola Basket Asia ke VI di Seoul, Korea Selatan.

Ketika itu dia bermain sangat bagus lalu mengantarkan Indonesia juara 4. Bahkan ketika itu Sonny Hendrawan di nobatkan sebagai MVP pada kejuaraan tersebut.

Lalu Sonny dinobatkan sebagai The Slick Shot, merupakan salah satu pemain bola basket Indonesia yang layak di beri laber sang lengenda.

Akan tetapi sampai hari ini belum ada lagi yang menyaingi prestasi Sonny Hendrawan, semoga kedepannya ada yang lebih baik.

2. Michael Jordan

Michael Jordan

Michael Jordan

 

Michael Jordan merupakan sosok yang sangat berbakat dan legendaris di dunia basket. Sehingga jika kita bericara bola basket, maka orang-orang pasti menyebut namanya.

Michael Jordan merupakan salah satu pemain Chicago Bulls, dia memiliki kemampuan di atas rata-rata pemain lainnya.

Tidak heran bagi klub nya ini menjadi klub papan atas 6 kali di NBA, yang di bawa Michael Jordan ini. Dia telah mengantongi 5 kali gelar MPV sepanjang karirnya.

3. Kareem Abdul Jabbar

Kareem Abdul Jabbar

Kareem Abdul Jabbar

Kareem Abdul Jabbar sama seperti Michael Jordan, dia merupakan salah satu pemain basket NBA yang melegenda. Dia berkakir cemerlang di LA Lakers lalu menjuarai NBA sebanyak 6 kali di era 80-an.

Tidak sampai di situ karir Kareem ini, dia telah mencetak skor tertinggi dalam sejarah NBA, yaitu 38.387 poin. Karem memiliki keunikan pada Sky Hook Shotnya yang sangat sulit untuk di bendung.

***

Baca juga: Teknik Dasar Bola Basket

Demikian lah artikel kami seputar sejarah bola basket di Indonesia, semoga bermanfaat bagi kalian para pembaca artikel kami ini. Terima kasih.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Agustus 16, 2019

    […] Baca juga: Sejarah Bola Basket Di Indonesia Serta Perkembangannya […]

  2. Agustus 17, 2019

    […] Baca juga:Sejarah Bola Basket Di Indonesia  […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *